Taman Nasional Komodo – keindahan alam Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.

Wisata Taman Nasional Komodo – keindahan alam Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.
Wisata Taman Nasional Komodo
sumber gambar: baringopi.wordpress.com

Taman Nasional Komodo terletak di provinsi nusa tenggara timur, tepatnya berada di kecamatan Komodo kabupaten manggarai barat. Taman nasional ini didirikan secara khusus untuk melindung Komodo dari kepunahan dan terutama dari perburuan liar. Di Taman Nasional Komodo inilah satu-satunya tempat di dunia yang masih terdapat reptil raksasa purba yaitu Komodo. Oleh karena itu Taman Nasional Komodo sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran untuk melihat langsung kehidupan satwa ini di habitatnya.

Sejarah Pulau Komodo dimulai pada tahun 1911 ketika seorang kurator dari museum zoologi bogor menerima informasi bahwa ditemukan binatang purba di sebuah pulau di wilayah nusa tenggara timur. Setelah penemuan itu banyak pihak yang mendukung agar Komodo dimasukan kedalam kategori satwa yang dilindungi, sehingga pada akhirnya dibentuk Taman Nasional Komodo untuk melindungi satwa purba Komodo tersebut.

Karena Taman Nasional Komodo semakin digemari, banyak vendor yang menawarkan wisata Taman Nasional Komodo. Karena selain daya tarik dari Komodo itu sendiri, Pulau Komodo juga sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi. Keindahan pantai dan biota bawah laut Pulau Komodo juga menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Berikut ini tempat-tempat yang wajib dikunjungi jika Anda ingin wisata ke Taman Nasional Komodo:


Wisata Pulau Komodo

Pulau Komodo pernah masuk dalam kategori 7 keajaiban dunia, dan sampai saat ini juga masuk sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Keunikan Pulau Komodo tidak lain karena reptil raksasa ini tidak dapat ditemukan di dunia kecuali di Indonesia. Saat ini banyak vendor yang menawarkan paket wisata Pulau Komodo ke seluruh dunia, wisatawan dapat melihat lebih dekat binatang purba ini sepuasnya.
Wisata Pulau Komodo
Wisata Pulau Komodo
sumber gambar: detiktravel.com
Baca Juga: Wisata kePantai Pink di Lombok Timur dan Pantai Cantik Disekitarnya

Pulau Komodo sering juga disebut sebagai Loh Liang. Loh Liang merupakan pintu masuk utama Pulau Komodo, disini banyak ditawarkan spot-spot untuk menyelam dan snorkelling. Selain itu disini juga tersedia pusat informasi, dermaga, tempat makan dan sebagainya. Sepanjang jalur trekking Anda tidak hanya dapat melihat Komodo, namun Anda juga dapat melihat rusa, kakak tua jambul kuning, dan satwa lainnya.

Anda akan mendaki sebuah bukit untuk dapat melihat habitat asli Komodo, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Anda akan ditemani oleh seorang pawang yang juga merangkap pemandu wisata.
Peta Pulau Komodo
Peta Pulau Komodo
sumber gambar: google maps

Wisata Pulau Padar

Pulau Padar merupakan salah satu dari tiga pulau besar di Taman Nasional Komodo. Keindahan alam Pulau Padar sangat luar biasa. Padang savana membentang diatas bukit. Anda bisa melakukan trekking sampai ke bukit selama 30 menit untuk melihat keindahan pulau pada dari puncak bukit padar.
Wisata Pulau Padar
Wisata Pulau Padar
sumber gambar: ifanishere.com

Wisata Pulau Rinca

Di Pulau Rinca Anda juga dapat melihat reptil purba Komodo, ada berbagai macam pilihan rute trekking yang ditawarkan. Ada rute pendek, rute menengah dan rute panjang. Silahkan pilih sesuai dengan kemampuan ya. Ketika Anda menyusuri perjalanan di Pulau Rinca, Anda dapat melihat beberapa Komodo muda melintas.

Pulau Rinca juga sering disebut sebagai Loh Buaya. Yang unik adalah karena luas Pulau Rinca lebih kecil dari Pulau Komodo, maka pengunjung ridak harus berjalan jauh untuk menemukan Komodo.
Wisata Pulau Rinca
Wisata Pulau Rinca
sumber gambar: tourismntt.prov.go.id


Cara menuju Pulau Komodo.

Ada banyak cara menuju Pulau Komodo yang murah sampai mahal. Baik jalur darat maupun udara. Berikut ini kami informasikan bagaimana cara menuju Pulau Komodo.


Jalur udara

Perjalanan dimulai dari Jakarta – Labuan Bajo, saat ini ada maskapai garuda indonesia yang melayani penerbangan langsung Jakarta ke Labuan Bajo dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp.1.500.000,- per sekali jalan. Sesampainya di Labuan Bajo Anda dapat mencari penginapan dari kelas melati hingga kelas berbintang akan kami ulas di artikel akhir. Sesampainya di Labuan Bajo sudah banyak transportasi menuju Taman Nasional Komodo.


Jalur darat

Jalur darat dapat ditempuh dengan bus Yogyakarta – Terminal Bima seharga Rp.550.000,- kemudian dilanjut lagi dengan angkutan umum Terminal Bima – Pelabuhan Sape seharga Rp.20.000,-. Sesampainya di Pelabuhan Sape Anda dapat menaiki kapal ferry menuju Labuan Bajo seharga Rp.45.000,-


Transportasi di Taman Nasional Komodo

Untuk wisata di Taman Nasional Komodo, Anda akan banyak berwisata menggunakan kapal. Ada banyak pilihan kapal yang dapat Anda pilih mulai dari perahu kayu yang bisa diisi 15 orang harga perahu kayu sekitar Rp.1.500.000,- atau Anda dapat memilih kapal yang lebih cepat (speedboat) dan menyediakan makan siang dan juga snack. Kapal jenis ini biasanya dibandrol seharga Rp.8.000.000,-

Kami memiliki tips hemat ke Pulau Komodo yaitu dengan cara backpacker ke Pulau Komodo. Jika Anda memiliki budget terbatas lebih baik memilih menggunakan kapal kayu kemudian Anda bisa mencari teman seperjalanan di Pulau Komodo untuk sama-sama menyewa kapal kayu. Sehingga biayanya akan lebih murah.
Transportasi di Taman Nasional Komodo
Transportasi di Taman Nasional Komodo
sumber gambar: detiktravel.com


Penginapan dan hotel di Pulau Komodo

Ada banyak penginapan dan hotel di Pulau Komodo, namun penginapan bukan berada di Pulau Komodo tetapi berada di Labuan Bajo. Dibawah ini penginapan dan hotel di Labuan Bajo yang dapat kami review untuk Anda.


Komodo Resort & Diving Club

Penginapan di Komodo Resort and Diving Club mendapat rating 9/10 di situs agoda, lokasi berada persis di pinggir pantai di Labuan Bajo. Bentuk bangunan berupa Rumah-rumah penginapan berjejer agak jauh dengan pemAndangan pantai yang luar biasa indah. Jika Anda memilih Komodo resord and diving club Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp.4.000.000,- per malam termasuk 3x makan.
Penginapan di Pulau Komodo - Komodo Resort and Diving Club
Penginapan di Pulau Komodo - Komodo Resort and Diving Club
sumber gambar: agoda.com

The Jayakarta Suite Komodo Flores

Penginapan The Jayakarta Suite Komodo Flores berada di Jl Pantai Pede Labuan Bajo. Rating penginapan di Pulau Komodo ini berdasarkan situs agoda adalah 7,4/10. Lokasi penginapan ini juga berada di pinggir pantai. Bentuk bangunan menyerupai gedung hotel pada umumnya dengan banyak kamar. Biaya menginap di sini mulai dari Rp.1.000.000,- per malam
Penginapan di Pulau Komodo - The Jayakarta Suite Komodo Flores
Penginapan di Pulau Komodo - The Jayakarta Suite Komodo Flores
sumber gambar: agoda.com


Siola Hotel

Jika Anda sedang backpacker ke Pulau Komodo, jangan khawatir disini juga banyak hotel kelas melati ataupun motel dengan harga bersahabat. Salah satunya Hotel siola ini. Siola hotel mendapatkan rating 6,1/10 di situs agoda. Hotel ini berbentuk seperti kos-kosan di Jakarta. Lokasinya tidak jauh dari pantai di labuhan bajo, hanya saja lokasi hotel ini sudah berdekatan dengan rumah penduduk. Namun, ini sudah cukup jika Anda ingin backpacker ke Pulau Komodo. Biaya menginap disini mulai dari Rp.150.000,- per malam
Penginapan di Pulau Komodo - Siola Hotel
Penginapan di Pulau Komodo - Siola Hotel
sumber: agoda.com

Centro hostel Labuan Bajo

Jika Anda mencari penginapan murah di Labuan Bajo atau Pulau Komodo, centro hostel Labuan Bajo mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Hostel ini sangat cocok bagi Anda yang sedang backpacker ke Pulau Komodo. Hostel ini berbentuk barak atau asrama dengan ranjang susun. Harga yang ditawarkan juga terbilang sangat murah yaitu sebesar Rp.65.000,- per orang per malam.
Penginapan di Pulau Komodo - Centro Hostel Labuan Bajo
sumber gambar: agoda.com