Melihat Hamparan Awan di Tempat Wisata Kebun Buah Mangunan

Tips Melihat Hamparan Awan di Kebun Buah Mangunan
Tips Melihat Hamparan Awan di Kebun Buah Mangunan
sumber: marikitadolan.wordpress.com

Belakangan ini nama Kebun Buah Mangunan semakin sering terdengar di kalangan traveller. Lokasi Kebun Buah Mangunan juga berdekatan dengan hutan pinus Imogiri. Udara yang sejuk dan alami menjadi daya tarik tersendiri. Suasana perbukitan, lembah dan kelokan sungai yang mirip dengan sungai amazon juga menjadi daya tarik untuk wisata di Kebun Buah Mangunan. Seperti namanya Kebun Buah Mangunan memang banyak ditanami oleh pohon buah-buahan seperti belimbing, durian, rambutan dan lain-lain.

Banyak juga wisatawan sengaja datang ke Kebun Buah Mangunan ini untuk mencari hamparan awan dan perbukitan sebagai latar belakang foto. Banyak foto-foto yang viral di internet menampilkan hamparan awan yang sangat indah. Tidak jarang para wisatawan menyebut Kebun Buah Mangunan sebagai negri diatas awan.

Namun, banyak juga wisatawan yang datang dengan kecewa karena tidak menemukan hamparan awan seperti di foto. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan jika ingin melihat hamparan awan di Kebun Buah Mangunan. Berikut ini kami akan berikan tips agar dapat melihat hamparan awan di Kebun Buah Mangunan.
Tips Melihat Hamparan Awan di Kebun Buah Mangunan
Tips Melihat Hamparan Awan di Kebun Buah Mangunan
sumber: eksotisjogja.com

Tips melihat hamparan awan di Kebun Buah Mangunan


Datang di pagi hari

Anda harus berada di puncak bukit Kebun Buah Mangunan pada jam 06.00 pagi hari. Di pagi hari kemungkinan untuk menemukan hamparan awan lebih besar dan Anda juga dapat melihat pemandangan pagi hari yang sangat indah. Anda bisa melihat matahari terbit sunrise di Kebun Buah Mangunan. Anda bisa memperkirakan waktu tempuh Anda sendiri. Biasanya jarak dari pusat kota Jogjakarta ke Kebun Buah Mangunan sekitar 30 menit.

Datang setelah hujan di malam sebelumnya.


Jika malam sebelumnya hujan deras dan sudah reda di pagi hari, kemungkinan untuk menemukan hamparan awan semakin besar. Saya tidak tahu pasti mengapa demikian, namun jika Anda datang di waktu yang cerah dan kering atau kemarau, akan sangat jarang menemukan hamparan awan di Kebun Buah Mangunan.

Dua tips diatas bisa dicoba jika Anda ingin pergi ke Kebun Buah Mangunan untuk melihat negri diatas awam. Sungguh luar biasa pemandangannya.
Tips Melihat Hamparan Awan di Kebun Buah Mangunan - Sungai Amazon
Tips Melihat Hamparan Awan di Kebun Buah Mangunan
sumber: brobali.com

Rute menuju lokasi Kebun Buah Mangunan

Transportasi menuju Kebun Buah Mangunan sangat mudah, lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Jogja. Anda bisa menyewa sebuah motor dan menuju ke arah selatan ke arah terminal Giwangan, kemudian menuju jalan Imogiri Barat. Anda akan menemukan pertigaan Imogiri lalu belok kanan. Ada cukup banyak papan petunjuk jalan menuju lokasi Kebun Buah Mangunan.

Dari pintu gerbang masuk Kebun Buah Mangunan Anda masih harus berjalan menyusuri jalan setapak yang agak terjal dan menanjak. Jika Anda membawa mobil, biasanya mobil akan parkir di area sekitar kolam. Dilanjutkan berjalan kaki menuju gardu pandang Kebun Buah Mangunan.

Baca Juga: Wisata ke Pantai Pink di Lombok Timur dan Pantai Cantik Disekitarnya
Peta Lokasi Kebun Buah Mangunan
Peta Lokasi Kebun Buah Mangunan
sumber: googlemaps

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan

Untuk memasuki area wisata Kebun Buah Mangunan Anda akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp.5.000,- per orang. Harga tiket masuk cukup terjangkau, biaya ini juga akan digunakan untuk menjaga kelestarian alam Kebun Buah Mangunan.

Penginapan di sekitar Kebun Buah Mangunan juga cukup banyak. Ada banyak penginapan atau homestay di sekitar Kebun Buah Mangunan, Anda bisa menyesuaikan dengan budget Anda.